Fakta Penting Tentang Lorikeet dan Kesesuaiannya Sebagai Burung Peliharaan

Tidak seperti banyak jenis burung beo lainnya, lori dan lorikeet secara khusus diadaptasi untuk hidup dengan pola makan serbuk sari, nektar, dan buah. Ujung lidah yang seperti sikat, paruh panjang yang sempit dan enzim pencernaan khusus membuat mereka unik dari spesies burung jenis burung beo lainnya. Berukuran kecil hingga sedang dan seringkali berwarna cerah ada beberapa spesies dari Australia, yang semuanya memiliki persyaratan serupa.

Ada lebih dari 50 spesies lorikeet dan lorikeet di daerah dan negara terdekat tetapi hanya sekitar 7 dari Australia sendiri: musk lorikeet, little lorikeet, rainbow lorikeet, variety lorikeet, scaly-breasted lorikeet, perkici berkerah merah, dan perkici bermahkota ungu. Saya akan menyebutkan masing-masing secara singkat dengan informasi potensi hewan peliharaan.

Musk Lorikeet. Glossopsitta concinna.

(Keet hijau, lorikeet telinga merah) Beratnya sekitar 60 gram dengan panjang kira-kira 22 cm (9 inci).

Perkici musk mengandalkan terutama semak berbunga asli dan pohon untuk makanan dan dapat menyebabkan beberapa masalah di kebun komersial. Di alam liar lorikeet musk mendiami hutan pesisir dan hutan kayu putih, seringkali dalam kawanan besar yang terdiri dari beberapa ratus ekor.

Sangat langka sebagai hewan peliharaan di Amerika dan Eropa tetapi merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan di Australia tetapi masih belum terlalu populer karena peraturan pemerintah yang mensyaratkan izin untuk memelihara burung asli.

Lorikeet kecil. Glossopsitta pusilla.

(Perkici berwajah merah, parkit hijau) Sekitar 40-45 gram dan panjang sekitar 15 cm (6 inci).

Seperti anggota keluarga lainnya, lorikeet kecil makan terutama buah, serbuk sari, dan nektar, tetapi lebih suka berada di atas kanopi pohon. Di alam liar, perkici kecil mendiami hutan Australia Timur, hutan pantai dan hutan terbuka, dan sangat ramah sering membentuk kawanan besar.

Tidak dipelihara sebagai hewan peliharaan di negara asalnya Australia dan hewan peliharaan yang sangat langka di Eropa dan Amerika.

Perkici pelangi. Trichoglossus haematodus Malaccans.

(Perkici gunung biru, perkici kerah hijau, kebiruan, kukang swainson) 125 gram kira-kira dengan panjang sekitar 30 cm (12 inchi).

Di sekitar pohon berbunga dan terkadang ditemani lorikeet berdada bersisik, perkici pelangi dapat berkumpul dalam kawanan yang berisik yang terdiri dari beberapa ratus orang untuk bertengger dan makan.

Perkici pelangi sangat populer sebagai burung peliharaan di Australia asalnya dan juga cukup populer di Eropa dan Amerika. Seekor hewan peliharaan dapat menjadi sumber hiburan yang baik karena mereka selalu bermain, dan seekor burung muda dapat menjadi jinak dengan cepat.

Lorikeet yang bervariasi. Psitteuteles versicolor.

Sekitar 55 gram dan panjang rata-rata 19 cm (7,5 inci).

Di alam liar perkici yang bervariasi ini terutama ditemukan dalam kawanan besar di hutan melaleuca dan kayu putih di dataran rendah tropis Australia.

Hampir tidak dikenal sebagai hewan peliharaan di Amerika dan Eropa dan sangat jarang hewan peliharaan di Australia dengan hanya sedikit di penangkaran.

Lorikeet berdada bersisik. Trichoglossus chlorolepidotus.

(Perkici hijau dan emas, greenie) Sekitar 75-80 gram dan panjangnya sekitar 23 cm (9,5 inci).

Meskipun umum di daerah perkotaan di mana ia memanfaatkan tanaman kebun yang kaya nektar, di habitat aslinya lorikeet bersisik akan membentuk kawanan besar, sering kali ditemani perkici pelangi. Kawanan ini akan melakukan perjalanan dari pohon ke pohon di daerah hutan terbuka di tanah asalnya.

Seekor burung peliharaan pendiam yang juga suka bermain dan penyayang dan bisa diajari berbicara dengan sangat baik. Ini menjadikannya spesies burung peliharaan yang populer di Eropa, Amerika, dan Australia asli.

Lorikeet berkerah merah. Trichoglossus haematodus rubritorquis.

Beratnya kira-kira 125 gram dengan panjang sekitar 30 cm (12 inchi).

Tidak seperti kebanyakan spesies lorikeet lainnya, lorikeet berkerah merah lebih memilih untuk tinggal sebagai pasangan atau dalam kawanan kecil. Ini sering berpindah-pindah karena sumber makanannya, bunga kayu putih menjadi makanan favorit sehingga mereka cenderung menghuni hutan kayu putih terbuka hampir sepanjang waktu.

Meskipun burung peliharaan yang baik dipelihara dalam jumlah rendah karena ketersediaan dan harga.

Lorikeet bermahkota ungu. Glossopsitta porphyrocephala.

(Perkici bermahkota biru, parkit ungu) Sekitar 45 gram dan panjang sekitar 16 cm (6 inci).

Akan membentuk kawanan besar di mana sumber makanan berlimpah, termasuk taman kota dan kebun buah-buahan. Habitat alami mereka di Barat adalah di kawasan hutan, sedangkan di Timur mereka cenderung mencari padang rumput pantai, mallee dan daerah hutan terbuka.

Tidak terlalu sering dipelihara sebagai hewan peliharaan di mana pun, tetapi sedikit lebih populer sebagai burung kandang burung.

Semua yang di atas disimpan dalam jumlah yang bervariasi di kandang burung di seluruh Australia dan dunia Barat, meskipun beberapa tidak sepopuler hewan peliharaan atau burung pendamping.

Jika disimpan di kandang burung, lantai jaring yang ditangguhkan paling baik untuk kemudahan pembersihan – cukup disemprotkan – karena sifat kotorannya, kandang burung lantai yang kokoh akan membutuhkan pembersihan terus menerus.

Karena kebutuhan diet khusus mereka, mereka bisa jadi sulit untuk memberikan makanan yang tepat. Meskipun spesies yang lebih besar akan memakan biji, ini seharusnya bukan makanan utama mereka tetapi cocok sebagai makanan tambahan untuk makanan yang benar terutama yang terdiri dari serbuk sari, nektar dan buah. Dan tentu saja bunga yang mengandung nektar akan disambut dengan sangat baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.