Potensi ekonomi digital Indonesia pada 2025 mencapai US$124 miliar

Ekonomi digital Indonesia berpotensi mencapai US$ 124 miliar pada 2025 sejalan dengan kajian Google, Temasek, dan Bain & Company, kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Dari US$44 miliar (tahun 2020) bisa meningkat menjadi US$124 miliar. Ini potensi yang luar biasa. Artinya, potensi ekonomi bisa meningkat tiga kali lipat berkat infrastruktur digital,” kata Menkeu saat acara bertajuk “Women Driving Ekonomi di Masa Pandemi” di sini pada hari Jumat.

Indrawati mencatat, potensi ekonomi digital dapat tercapai jika Indonesia mampu membangun infrastruktur digital dan mengembangkan ekonomi digitalnya sendiri.

Oleh karena itu, Menkeu menegaskan, pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur digital, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang mendorong peralihan hampir seluruh aktivitas masyarakat ke platform digital.

Menurut Indrawati, pandemi COVID-19 telah menyebabkan migrasi hampir semua aktivitas ke platform digital.

Hal itu terjadi karena pandemi COVID-19 menuntut masyarakat untuk menjaga jarak, sehingga teknologi digital menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut, untuk selengkapnya di Bacadenk.

Menkeu memastikan pemerintah terus menyediakan infrastruktur digital secara merata mengingat wilayah geografis Indonesia yang luas, sehingga pembangunan saat ini difokuskan pada daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Indrawati mencontohkan 12.377 lokasi layanan publik di kawasan 3T saat ini belum memiliki fasilitas 4G, sehingga akses komunikasi di kawasan tersebut masih sangat tidak dapat diandalkan.

“Oleh karena itu, pemerintah secara signifikan meningkatkan anggaran untuk tahun 2021,” katanya.

Apalagi, pemerintah terus meningkatkan literasi digital, termasuk bagi usaha kecil dan menengah, untuk mendongkrak potensi ekonomi digital.

Pemerintah juga berupaya mempercepat inklusi keuangan dan digital secara bertahap, termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang pembayarannya saat ini dilakukan melalui transfer dan digital.

Leave a Comment

Your email address will not be published.